KAJIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i2.107Kata Kunci:
Hasil Belajar, , Model ScrambleAbstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, studi kepustakaan. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model scrambled terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. peneliti mengumpulkan data dari penelitian ini dengan mengumpulkan dan meninjau data dari peneliti sebelumnya yang konsisten. Hasil dari penelitian ini ialah kenaikan hasil belajar peserta didik sekolah dasar yang memakai model scrambled. Peserta Didik saat proses pembelajaran memakai model scramble diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dimana huruf-huruf dienkripsi dan menempatkan kata-kata yang dienkripsi. Model pembelajaran ini sangat memikat serta tidak menjemukan bagi siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Scramble
Referensi
Apriyanti, N. E. (2019). Keefektifan Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 149-154.
Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(2).
Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. 3(2).
Istarani, 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Marbun, N. E., Rohani, R., Muti'ah, R., & Suriyani, S. (2019). PENGARUH MATHMAGIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 1-10.
Sodiqin, A., & Tirtowarti, N. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9).
Prasasti, D. E., Dewi Koeswanti, H., & Giarti, S. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD (Vol. 3, Issue 1). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.