ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN SUBJEK, PREDIKAT, OBJEK, KETERANGAN (SPOK) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERITA DONGENG DI KELAS 4 SD NEGERI BABADSARI
Kata Kunci:
Kemampuan, SPOK, Dongeng, Kesulitan, Faktor kesulitan.Abstrak
Ghaniyu Faik Aqshal “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Subjek, Predikat, Objek, Keterangan (SPOK) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Dongeng Di Kelas 4 SD Negeri Babadsari”. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan faktor kesulitan siswa dalam menentukan Subjek, Predikat, Objek, Keterangan (SPOK) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Dongeng Di Kelas 4 SD Negeri Babadsari
Hasil penelitian adalah Peserta didik memiliki kemampuan menentukan SPOK dengan kategori sangat baik terdapat lima peserta didik, kategori cukup terdapat delapan peserta didik, kategori kurang terdapat empat peserta didik. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan SPOK sebagai berikut; 1. Terdapat beberapa peserta didik yang belum mampu membaca dengan baik sehingga mempengaruhi siswa dalam memahami unsur SPOK; 2. Terdapat siswa yang belum memahami pengertian dari masing masing SPOK; 3. Siswa cenderung hanya menguasai satu atau dua unsur kalimat saja.
Faktor kesulitan peserta didik dibedakan menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal kesulitan peserta didik adalah; 1.Peserta didik belum lancar membaca; 2. Peserta didik tidak teliti dalam mengerjakan soal. Faktor eksternal peserta didik menentukan SPOK adalah; 1. Lingkungan keluarga yang tidak harmonis; 2. Kesibukan orang tua sehingga kurang pendampingan belajar.
Kata kunci:
Referensi
Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif
CV.Syakir Media Press.
Afriliani, K., Zuliani, R., & Wibisana, N. E. (2021). Analisis Kesalahan Pola Kalimat Bahasa Indonesia pada Karangan Narasi Kelas IV SD Negeri Kunciran 07. Nusantara, 3(3), 427-441.
Alwii, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. UniversitasjendralSoedirman.
Finoza, Lamuddin.2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan.
Khaq, M., & Anjarini, T. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar menggunakan Papan Berpaku untuk Kelas IV. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 151- 158.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319).
Nst, A. R., Siregar, A. R. F., & Syaputra, E. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 139-142.
Parnawi,A.(2019).PsikologibelajarDepublish
Poerwandari, K. (2021). Jenis Penelitian Kualitatif. Journal Penelitian, 1(69),34.
Pulungan, R., & Nst, A. S. (2019, October). Analisis Dongeng Danau Toba Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII Terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. In Prosiding Seminar Nasional HasilPenelitian (Vol. 2, No. 2, pp. 1519-1527).
Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2),
Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan ProfilPelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam MeningkatkanKarakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7111-7120.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik SiswaSekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7-17.
SIMAMORA, C. M. B. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Subjek, Predikat, Objek, Keterangan (SPOK) Pada Kalimat Pertanyaan Di Kelas VI SD Negeri 108306 Tanjunggarbus Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Quality).
Sugiarti, R., & Ngaisah, S. (2018). Analisis kesalahan penggunaan preposisi dan pungtuasi dalam karangan narasi siswa. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(2), 125-134
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sulfemi, W. B. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.