MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN KONFLIK DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MI
Kata Kunci:
Conflict Management, Leadership, School principalAbstrak
Konflik adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam setiap lingkungan organisasi, termasuk lembaga pendidikan. Manajemen konflik yang efektif sangat penting untuk menjaga lingkungan sekolah yang harmonis dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dalam mengoptimalkan manajemen konflik dalam kepemimpinan kepala sekolah MI. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan melakukan observasi langsung dan wawancara terhadap kepala sekolah MI yang memiliki pengalaman sukses dalam manajemen konflik. Partisipan dipilih berdasarkan pengalaman dan reputasi mereka dalam penyelesaian konflik. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya strategi komunikasi yang efektif, penyelesaian konflik yang adil, dan pembangunan budaya sekolah yang inklusif sebagai faktor penting dalam mengoptimalkan manajemen konflik dalam kepemimpinan kepala sekolah MI. Kepala sekolah yang menunjukkan kemampuan mendengarkan dengan empati, komunikasi yang jelas dan terbuka, serta membangun hubungan yang saling menghormati dapat menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis. Pendekatan kolaboratif, mediasi, dan penekanan pada kepentingan bersama berkontribusi pada penyelesaian konflik yang adil. Selain itu, membangun budaya sekolah yang inklusif yang mendorong partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan juga penting. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman kita tentang manajemen konflik dalam konteks kepemimpinan kepala sekolah MI. Hasil-hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi kepala sekolah MI dalam menghadapi dan menyelesaikan konflik, serta meningkatkan kualitas kepemimpinan mereka. Selain itu, penelitian ini juga memberikan dasar bagi penelitian selanjutnya dalam bidang ini untuk mengembangkan strategi-strategi yang lebih spesifik dan efektif dalam mengoptimalkan manajemen konflik dalam kepemimpinan kepala sekolah MI
Referensi
Bryman, A. (2016). Social research methods. Oxford University Press.
Creswell. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publication.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publication.
Fahruzi, A., & Hidayat, W. (n.d.). Impelentasi Manajemen Konflik di Sekolah Implementation of Conflict Management at School.
Hasan, Moh. F., & Rahmawati, H. (2023). Education in world history. Paedagogica Historica, 1–3. https://doi.org/10.1080/00309230.2023.2246393
Hidayanthi, R., Rahmi Andini, S., Fitri, H., & Gistituasti, N. (2022). THE APPLICATION OF HEADMASTER ON SCHOOL BASED MANAGEMENT (SBM) PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS). In | Jurnal CERDAS Proklamator (Vol. 10, Issue 2).
Jusneti, Morelent, Y., & Nandra, A. (2022). IMPLEMENTATION OF ELEMENTARY SCHOOL EDUCATION IN KAPAU, TILATANG KAMANG DISTRICT, AGAM REGENCY. Jurnal CERDAS Proklamator, 10(1), 26–34.
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SEKOLAH BERKUALITAS DI SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Riqqah Annisa Maharani1, Y. M. , F. K. (2023). POLICY ANALYSIS OF PRINCIPALS IN ELEMENTARY SCHOOLS IN LEARNING DURING THE COVID 19 PANDEMIC. Jurnal CERDAS Proklamator, 11(1).
Riski, H., Rusdinal, R., & Gistituti, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3531–3537. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.944
Rostini, D., & Amaly, N. (n.d.). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik. 4, 173–180. http://jurnaledukasia.org
Setiyati, S., Negeri, S., & Gunungkidul, W. (n.d.). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.