PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SD NEGERI 29 GANTIANG UTARA PADANG
Kata Kunci:
Membaca, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Abstrak
Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menarik bagi siswa merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas, terutama siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas III SDN 29 Gantiang Utara Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 26 orang siswa kelas III yang dilaksanakan dua siklus. Data penelitian berupa tes objektif dan hasil pengamatan dari semua tindakan. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 65,3%, hal ini dikarenakan banyak siswa yang belum mampu membaca dengan benar dan lancar. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 77%, dikarenakan proses pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SD Negeri 29 Gantiang Utara Padang.
Referensi
Arikunto, S. (2017).Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Akasara.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran.Jakarta : PT Rajawali pers
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Harras, K., Priyanti, E, T., & Harsiati, T. (2019).Membaca 1. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.
Nurhadi. 2005. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nurhadi. 2005.Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?. Bandung.: Sinar Baru Algensindo.
Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Jakarta: Sinar Dunia.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Soedarso. 2010. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Suleiman, A. H. (2021). Media Audio-Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta : PT Gramedia
Tampubolon, D.P. 2015. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien.Bandung : Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung :Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1983. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.