PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN SDN 136 PALEMBANG
Kata Kunci:
Keywords: Learning Media, Spinning Wheel, Student Learning InteresAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Roda Berputar
terhadap Minat Belajar Siswa mata pelajaran PPKn SDN 136 Palembang. Metode penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif jenis eksperimen dengan bentuk desain True Ekperimen
Design dan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini
berjumlah 104 siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa terdiri
dari kelas IV C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa dan kelas IV D sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 27 siswa dengan teknik yang digunakan Simple Random
Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner (Angket), Observasi,
dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (Independent Sample T
Test). Dari hasil pengolahan data penelitian dengan menggunakan aplikasi SPSS 26
diperoleh nilai t-hitung = 5,622 dan nilai t-tabel = 1,676 dengan ? = 0,05 dan df = 50, dengan
demikian t-hitung = 5,622 > t-tabel = 1,676. Sesuai dengan syarat uji hipotesis maka H0
ditolak dan Ha diterima atau atau ada pengaruh media pembelajaran Roda Berputar terhadap
Minat Belajar Siswa mata pelajaran PPKn SDN 136 Palembang.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Roda Berputar, Minat Belajar Siswa
Referensi
Anggraeni, A., & Nugroho, A. S. (2023). pengembangan media roktarat (RODA BERPUTAR
PAKAIAN ADAT) pada materi keberagaman pakaian adat di indonesia untuk pembelajaran ips
kelas IV disekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Keagamaan, 20 (3), 545–556.
https://doi.org/https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.20.3.545-556
Anwar. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “TELAAH PERSPEKTIF PADA
ERA SOCIETY 5.0” Penulis.
Bafadal, M.F. Alimah, S., & Sibawaeh, M. (2020). The use of spinning wheel game media to improve
the ability using modal auxiliary verbs for students in class VII SMPN 7 Mataram Academic.
Linguistik and ELT Journal, 7(2), 1–11.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian
Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research
(JSR), 1(2), 1–17.
Hasan, A., Sakdiyah, S., Mustofa, A., & Tuzzahra, R. (2021). The Development of Rainbow Spin
Learning Media in Social Sciences: ADDIE Development Model. Proceedings of the 11th
Annual International Conference (AIC) on Social Sciences, 229–233.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana,
& Indra, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN. PENERBIT TAHTA MEDIA GROUP.
Helmiati. (2020). Micro Teaching Melatih Ketrampilan dasar mengajar. Aswaja Pressindo.
| Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 8, No. 1, Edisi Juni 2024, Ranty Juli Dwianty, Ramanata
Disurya, Mega Kusuma Putri
| Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 8, No. 1, Edisi Juni 2024, Ranty Juli Dwianty, Ramanata
Disurya, Mega Kusuma Putri
Nua, Silvestra, N. D., Owon, Robertus, A. S., & Bhaga, Bertolomeus, D. (2023). SENTRI?: Jurnal
Riset Ilmiah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 17–34.
file:///C:/Users/User/Downloads/28.+Naskah+Skripsi+Minarni-Selesai.pdf
Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Sintia Utami, I. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar
Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Negeri 3 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia,
(1), 21-26
Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta
Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19
di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2, 69–75.
https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33
Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran
Sema. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674
Solehah, N. N., Saputra, H. H., & Setiwan, H. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN
Ampenan pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi
Pendidikan, 7(1), 229–235. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.449
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.
Sulfiyah, R., Baiduri, B., & Ismail, A. D. (2020). Analysis of Student’s Conceptual Understanding
on Visualization Phase in Learning Geometry by Using Spinning Wheel Media. Mathematics
Education Journal, 3
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.