MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.37301/jcp.v0i0.44Kata Kunci:
Media pembelajaran, media Interaktif, Powerpoint, pembelajaran daringAbstrak
Salah satu faktor yang menentukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah kemampuan guru dalam memilih media pembelajaran. Selain itu, guru pun harus mampu menentukan suatu media pembelajaran yang tepat dengan suatu materi yang hendak disampaikan. Oleh karena itu, seorang guru harus menguasi atau minimal mengetahui keunggulan dan kekurangan dari media pembelajaran yang digunakan ditinjau dari cara belajar siswa, kondisi dan situai sekolah, sarana dan prasarana yang ada, serta kemampuan guru dalam menggunakan kemampuan media pembelajaran tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya pemanfaatan media pembelajaran powerpoin Interaktif di sekolah dasar dalam pembelajaran daring. Metode penulisan artikel ini adalah studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari studi pustaka dalam tulisan ini ialah media pembelajaran powerpoint interaktif penting untuk diterapkan di sekolah dasar dalam pembelajaran daring sebagai upaya meningkatkan kuliatas pembelajaran dan kompetensi guru.
Referensi
Cahyono, K. (2013). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Studi Kasus di Universitas Abdurrab Pekanbaru Riau). Jurnal Bina Praja, 05(04), 243–252. https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.243-252.
Hamalik, O. (1999). Media Pendidikan. Citra Aditya Bakti.
Muladi. (2012). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada mata pelajaran tik pokok bahasan menggunakan perangkat lunak pengolah angka. Tekno, September, 51–63.
Nursit, I. (2016). Pengembangan multimedia interaktif berbasis power point (macro-enabled) pada mata kuliah geometri euclid dalam pembelajaran matematika. Media Pendidikan Matematika, 4(1), 41–49. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm/article/view/127
Rahadi, A. (n.d.). Media Pembelajaran. Depdiknas, Dirjen Dikdasmen, Dirjen Tenaga Kependidikan.
Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2177
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.