PENGARUH FAKTOR DARI DALAM DAN FAKTOR DARI LUAR TERHADAP MINAT SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH KELAS XI IPA 2 DI SMA NEGERI 2 PARIAMAN
Kata Kunci:
Kata Kunci : Faktor dari dalam dan dari luar, Minat siswa, Teks ceramahAbstrak
ABSTRAK
Pengaruh Faktor Dari Dalam dan Faktor Dari Luar Terhadap Minat Siswa dalam Proses Pembelajaran Teks Ceramah Kelas XI di SMA Negeri 2 Pariaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor dari dalam dan faktor dari luar terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran teks ceramah. Subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2 berjumlah 19 siswa perempuan 16 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini berupa teks ceramah yang dikerjakan siswa lalu ditampilkan di kelas. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakaneknik baca dan mendengar serta adanya kriteria penilaian pada saat siswa tampil.Dari temuan diketahui bahwa kecakapan siswa dalam membaca dan membuat teks ceramah masih rendah akibat durasi mata pelajaran terlalu lama yang membuat siswa bosan atau jenuh, kurangnya pengetahuan kosakata pada siswa sehingga ia sulit untuk membuat teks ceramah dan ia akan gugup untuk tampil di depan kelas.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kartika, Yulia. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Topik Cahaya (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Semseter II Situgunting I Tahun Pelajaran 2011-2012.
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Permana, Erwin Putra. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sadiman. 2002. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyorini, N., & Rizqiana, S. (2017). Keefektifan Media Artikel dalam Pembelajaran Menulis Naskah Pidato. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 137-145.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2009. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.